Jumat, 30 September 2011

Ekonom Standard Chartered, Eric Alexander Sugandi, menyebutkan, penanaman modal asing (PMA) dipengaruhi kondisi fundamen ekonomi. ”Kalau ekonomi Indonesia baik, PMA akan tetap masuk. Kalaupun kondisi global memburuk, dampaknya tidak akan secepat di pasar portofolio,” kata Eric kepada Kompas di Jakarta, Selasa (27/9/2011).
Direktur Riset dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo menjelaskan, yang terjadi pada dana asing di portofolio pasar keuangan justru sebaliknya. Ia memperkirakan, tahun ini tak sampai 10 miliar dollar AS. Padahal, semula BI memperkirakan 12 miliar dollar AS.
Investor menarik dananya dari pasar keuangan saat terjadi gejolak di Indonesia akibat kondisi ekonomi global.
Eric menambahkan, dana asing membutuhkan waktu 6-9 bulan untuk masuk kembali ke pasar keuangan Indonesia. Namun, tergantung dari kondisi negara asal dana asing. Beberapa negara asal investor pasar keuangan Indonesia adalah Jepang, China, dan Amerika Serikat.
PMA pada triwulan I-2011 sebesar 4,79 miliar dollar AS yang meningkat menjadi 5,25 miliar dollar AS pada triwulan II-2011. Investasi portofolio pada triwulan I-2011 sebesar 4,11 miliar dollar AS, meningkat menjadi 6,28 miliar dollar AS pada triwulan II-2011. Tahun 2009, PMA dalam neraca pembayaran Indonesia 4,88 miliar dollar AS, lebih kecil dari investasi portofolio sebesar 10,48 miliar dollar AS. Tahun 2010, investasi portofolio sebesar 15,71 miliar dollar AS, lebih besar dari PMA yang mencapai 13,37 miliar dollar AS. (IDR)
Dewasa ini masyarakat kita dalam menyambut dan merayakan iedul fitri banyak
yang menyimpang, mulai dari mulai takbir sampai hal-hal yang dilakukan
ketika bulan syawal.
Sebagian masyarakat kita ketika iedul fitri datang ke kuburan untuk
'berterima kasih' dan sowan kepada 'para leluhur' atau yang dianggap
wali/kiyai karena telah mampu sebulan penuh berpuasa (bukan untuk
tadzkiratul maut). Sebagian lagi datang ke tempat-tempat keramat yang
diyakini ada 'yang mbaurekso' guna sowan setelah berpuasa. Sebagian
masyarakat kita, terlebih kawula mudanya, ketika bulan syawal banyak yang
menggunakannya -atau mengharuskannya-- untuk pesiar. Tidak jarang mereka
ke tempat hiburan, nonton konser musik, berjoget dsb. Sering kita jumpai
muda-mudi lain jenis yang pergi berdua untuk tamasya ketika bulan syawal.
Ragam kemaksiatan itu nampak mementahkan pembinaan sebulan penuh ketika
melaksanakan shaum dan ragam ibadah lainnya didalam bulan ramadhan.
Ragam penyimpangan diatas tidaklah diragukan keburukannya. Berikut ini
beberapa tanya jawab fiqhiyyah yang berhubungan dengan iedul fitri.
Diambil dari buku "Sudah Benarkah Ibadah Anda" oleh Ibnu Husnunuri dan buku
"Risalah Ramadhan" oleh Syaikh Jaarullah.


T: Tanya
J: Jawab

T: Bagaimana hukum shalat ied di mushalla (tanah lapang yang digunakan
untuk shalat)?
J: Hukumnya adalah sunnah. Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam biasa
melaksanakan shalat ied di tanah lapang yang diistilahkan mushalla (tempat
shalat).
Beberapa riwayat menjelaskan tentang hal ini:
Dari Abu Sa'id Al Khudri ra, dia berkata: "Rasulullah Shalallahu'alaihi
wassalam keluar (untuk shalat) pada hari raya iedul fithri dan iedul Adha
ke mushalla..."(HR Bukhari 2/259-260; Muslim 3/20 dll.)

Mushalla yang dimaksud bukanlah bangunan masjid. Hadits berikut lebih
menegaskan shalat di mushalla (lapangan tempat shalat):

Dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata:
"Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam berpagi-pagi (pergi) ke mushalla
pada hari raya, sedang tongkat dibawa didepan beliau, maka ketika sampai di
mushalla tongkat tersebut ditancapkan didepan beliau, lalu beliau shalat
menghadapnya. Hal itu karena sesungguhnya mushalla adalah tanah lapang
yang tidak ada sesuatupun yang menutupinya" (HR Bukhari 1/354; Muslim 2/55
dll).

Imam Al Baghawi dalam "Syarhussunnah" 3/294 berkata,"Sunnah bagi imam untuk
keluar shalat pada dua hari raya (di mushalla) kecuali ada udzur, maka
boleh shalat ied di masjid"

T: Apa hukum mengeluarkan mimbar ke tanah lapang untuk khutbah pada hari raya?
J: Hukumnya adalah bid'ah. Ibnul Qayyim Al Jauzi dalam "Zaadul Ma'ad"
1/447 berkata:
"Dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sesungguhnya mimbar tidak boleh
dikeluarkan dari masjid. Adapun orang yang pertama kali mengeluarkan
mimbar dari masjid (untuk khutbah hari raya) adalah Marwan bin Hakam, maka
dia diingkari (oleh para shahabat)".
Kisah mengeluarkan mimbar ini yang kemudian diingkari oleh para shahabat
(yang dijadikan dalil bid'ahnya mimbar pada waktu khutbah hari raya), serta
riwayat tentang Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam yang berkhutbah tanpa
mimbar terdapat dalam hadits panjang riwayat Bukhari 2/374; Muslim no 889;
Abu Dawud 1140 dan Ibnu Majah 1275.

T: Apa hukum makan dan minum sebelum keluar untuk shalat iedul Fitri?
J: Hukumnya adalah sunnah.
Dari Anas bin Malik ra, dia berkata:
"Sesungguhnya Nabi Shalallahu'alaihi wassalam sarapan pagi dengan beberapa
butir kurma pada hari iedul fitri sebelum beliau keluar ke mushalla" (HR
Bukhari dalam "Al 'Iedain"; Tirmidzi 543; Ahmad 4/12270 dan 13426 dll)

Jumat, 23 September 2011

Ajari aku mencintaimmmuuu



Saat pertama aku dengar suaramu.

Hatiku pun menjadi gelisah.


Saat pertama kulihat wajahmu.


Hatiku pun menjadi membeku.



Dan saat bersama dirimu.


Terasa terapung rasa sukmaku.


Dan saat kau mulai bicara.


Tak sanggup tersingkir rasa penatku.



Aku tak bisa.


Berkutik di hadapan dirinya.


Aku tak akan pernah.


Menjadi nilik seorang.



Ajarilah aku bicara.


Ajarilah aku bertingkah.


Agar aku bisa.


Bisa mendapatkan dirimu.

Sabtu, 17 September 2011

Tambang Bawah Tanah

Ada dua metode tambang bawah tanah: tambang room-and-pillar dan tambang longwall.
Dalam tambang room-and-pillar, endapan batu bara ditambang dengan memotong jaringan ‘ruang’ ke dalam lapisan batu bara dan membiarkan ‘pilar’ batu bara untuk menyangga atap tambang. Pilar-pilar tersebut dapat memiliki kandungan batu bara lebih dari 40% – walaupun batu bara tersebut dapat ditambang pada tahapan selanjutnya. Penambangan batu bara tersebut dapat dilakukan dengan cara yang disebut retreat mining (penambangan mundur),
dimana batu bara diambil dari pilar-pilar tersebut pada saat para penambang kembali ke atas. Atap tambang kemudian dibiarkan ambruk dan tambang
tersebut ditinggalkan.

Tambang longwall mencakup penambangan batu bara secara penuh dari suatu bagian lapisan atau ‘muka’ dengan menggunakan gunting-gunting mekanis. Tambang longwall harus dilakukan dengan membuat perencanaan yang hati-hati untuk memastikan adanya geologi yang mendukung sebelum dimulai kegiatan penambangan. Kedalaman permukaan batu
bara bervariasi di kedalaman 100-350m. Penyangga yang dapat bergerak maju secara otomatis dan digerakkan secara hidrolik sementara menyangga atap tambang selama pengambilan batu bara. Setelah batu bara diambil dari daerah tersebut, atap tambang dibiarkan ambruk. Lebih dari 75% endapan batu bara dapat diambil dari panil batu bara yang dapat memanjang sejauh 3 km pada lapisan batu bara. Keuntungan utama dari tambang room–and-pillar daripada tambang longwall adalah, tambang roomand-pillar dapat mulai memproduksi batu bara jauh lebih cepat, dengan menggunakan peralatan bergerak dengan biaya kurang dari 5 juta dolar (peralatan
tambang longwall dapat mencapai 50 juta dolar).

Pemilihan teknik penambangan ditentukan oleh kondisi tapaknya namun selalu didasari oleh
pertimbangan ekonomisnya; perbedaan-perbedaan yang ada bahkan dalam satu tambang dapat
mengarah pada digunakannya kedua metode penambangan tersebut.

Tambang Terbuka

Tambang Terbuka – juga disebut tambang permukaan – hanya memiliki nilai ekonomis apabila lapisan batu bara berada dekat dengan permukaan tanah. Metode tambang terbuka memberikan proporsi endapan batu bara yang lebih banyak daripada tambang bawah tanah karena seluruh lapisan batu bara dapat dieksploitasi – 90% atau lebih dari batu bara dapat diambil. Tambang terbuka yang besar dapat meliputi daerah berkilo-kilo meter persegi dan menggunakan banyak alat yang besar, termasuk: dragline (katrol penarik), yang memindahkan batuan permukaan; power shovel (sekop hidrolik); truk-truk besar, yang mengangkut batuan permukaan dan batu bara; bucket wheel excavator (mobil penggali serok); dan ban berjalan.

Nabi Muhammad

Jazirah Arab sebelum kedatangan Islam merupakan sebuah kawasan yang sangat mundur. Kebanyakkan orang Arab merupakan penyembah berhala dan yang lain merupakan pengikut agama Kristen dan Yahudi. Mekah ketika itu merupakan tempat suci bagi bangsa Arab. karena di tempat tersebut terdapat berhala-berhala agama mereka dan juga terdapat Sumur Zamzam dan yang paling penting adalah Ka'bah.
Nabi Muhammad saw dilahirkan di Makkah pada Tahun Gajah yaitu pada tanggal 12 Rabi'ul Awal atau pada tanggal 20 April (570 atau 571 Masehi). Nabi Muhammad merupakan seorang anak yatim sesudah ayahnya Abdullah bin Abdul Muttalib meninggal ketika ia masih dalam kandungan dan ibunya Aminah binti Wahab meninggal dunia ketika ia berusia 7 tahun. Kemudian ia diasuh oleh kakeknya Abdul Muthalib. Setelah kakeknya meninggal ia diasuh juga oleh pamannya yaitu Abu Talib. Nabi Muhammad kemudiannya menikah dengan Siti Khadijah ketika ia berusia 25 tahun. Ia pernah menjadi penggembala kambing.
Nabi Muhammad pernah diangkat menjadi hakim. Ia tidak menyukai suasana kota Mekah yang dipenuhi dengan masyarakat yang memiliki masalah sosial yang tinggi. Selain menyembah berhala, masyarakat Mekah pada waktu itu juga mengubur bayi-bayi perempuan. Nabi Muhammad banyak menghabiskan waktunya dengan menyendiri di gua Hira untuk mencari ketenangan dan memikirkan masalah penduduk Mekah. Ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun, ia didatangi oleh Malaikat Jibril. Setelah itu ia mengajarkan ajaran Islam secara diam-diam kepada orang-orang terdekatnya yang dikenal sebagai "as-Sabiqun al-Awwalun(Orang-orang pertama yang memeluk agama Islam)" dan selanjutnya secara terbuka kepada seluruh penduduk Mekah.
Pada tahun 622, Nabi Muhammad dan pengikutnya pindah dari Mekah ke Madinah. Peristiwa ini dinamai Hijrah. Semenjak peristiwa itu dimulailah Kalender Islam atau kalender Hijriyah.
Penduduk Mekah dan Madinah ikut berperang bersama Nabi Muhammad saw. dengan hasil yang baik walaupun ada di antaranya kaum Islam yang tewas. Lama kelamaan para muslimin menjadi lebih kuat, dan berhasil menaklukkan Kota Mekah. Setelah Nabi Muhammad s.a.w. wafat, seluruh Jazirah Arab di bawah penguasaan Islam.

[sunting] Perkembangan Islam

Jazirah Arab
Secara umum Sejarah Islam setelah kematian Nabi Muhammad telah berkembang secara luas di seluruh dunia. Kerajaan Bani Ummaiyyah, Kerajaan Bani Abbasiyyah, dan Kerajaan Turki Utsmani boleh dikatakan penyambung kekuatan Islam setelah pemerintahan Khulafaur Rasyidin.
Konon kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara. Istilah sushi berasal dari bentuk tata bahasa kuno yang tidak lagi dipergunakan dalam konteks lain; secara harfiah, "sushi" berarti "itu (berasa) masam",[2] suatu gambaran mengenai proses fermentasi dalam sejarah akar katanya. Dasar ilmiah di balik proses fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi ialah bahwa cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino dari daging ikan. Hasilnya ialah salah satu dari lima rasa dasar, yang disebut umami dalam bahasa Jepang.[3]
Lukisan sushi oleh Ichiyusai Hiroshige dari Zaman Edo.
Nigirizushi dikenal di Jepang sejak zaman Edo. Sebelum zaman Edo, sebagian besar sushi yang dikenal di Jepang adalah jenis oshizushi (sushi yang dibentuk dengan cara ditekan-tekan di dalam wadah kayu persegi).[4] Pada zaman dulu, orang Jepang mungkin kuat makan karena sushi selalu dihidangkan dalam porsi besar. Sushi sebanyak 1 kan (1 porsi) setara dengan 9 kan (9 porsi) sushi zaman sekarang, atau kira-kira sama dengan 18 kepal sushi (360 gram). Satu porsi sushi zaman dulu yang disebut ikkanzushi mempunyai neta yang terdiri dari 9 jenis makanan laut atau lebih.
Pada zaman Edo periode akhir, di Jepang mulai dikenal bentuk awal dari nigirizushi. Namun ukuran porsi nigirizushi sudah dikurangi agar lebih mudah dinikmati. Ahli sushi bernama Hanaya Yohei menciptakan sushi jenis baru yang sekarang disebut edomaezushi.[4] Namun ukuran sushi ciptaannya besar-besar seperti onigiri. Pada masa itu, teknik pendinginan ikan masih belum maju. Akibatnya, ikan yang diambil dari laut sekitar Jepang harus diolah lebih dulu agar tidak rusak bila dijadikan sushi.
Sampai tahun 1970-an sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus, dan terbatas pada sushi pesan-antar. Dalam manga, sering digambarkan pegawai kantor yang pulang tengah malam ke rumah dalam keadaan mabuk. Oleh-oleh yang dibawa untuk menyogok istri yang menunggu di rumah adalah sushi. Walaupun rumah makan kaitenzushi yang pertama sudah dibuka tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang memakan waktu lama. Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga terwujud di tahun 1980-an sejalan dengan makin meluasnya kaitenzushi.
Keberhasilan kaitenzushi mendorong perusahaan makanan untuk memperkenalkan berbagai macam bumbu sushi instan yang memudahkan ibu rumah tangga membuat sushi di rumah. chirashizushi atau temakizushi dapat dibuat dengan bumbu instan ditambah nasi, makanan laut, tamagoyaki dan nori.

Jumat, 16 September 2011

Manfaat Buah dan Sayur untuk Kulit Sehat

Dianjurkan makan lima porsi sayur dan buah setiap hari.

Senin, 22 Agustus 2011, 13:42 WIB
Anda Nurlaila
VIVAnews - Kebanyakan orang ingin tetap mempertahankan kulit kencang dan bersinar kendati usia bertambah tua. Sebelum melakukan prosedur kecantikan seperti botox atau operasi plastik demi kulit awet muda, pertimbangkan untuk melakukannya dengan cara lebih alami.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, asupan sayur dan buah-buahan secara teratur menjadikan kulit lebih sehat dan bercahaya. Anda akan terlihat lebih menarik dan cantik dengan kulit awet muda.
Penelitian yang dipimpin oleh Ian Stephen di Universitas Nottingham, Inggris, menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran dan buah tiap hari memiliki kulit bercahaya kekuningan, berkat karotenoid.

Jamuna Pai, dokter kecantikan mengatakan, "Tanaman memiliki nutrisi, yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh serta memperbaiki kulit. Sayur dan buah juga mengandung ribuan senyawa fitonutrien yang bermanfaat selain karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin dan mineral," ucapnya seperti dikutip Times of India.

TRIBUN MEDAN

TRIBUN-MEDAN.com - Sejak lama nenek moyang kita pun telah memiliki ramuan untuk mengatasi batuk. Dan biasanya bahan-bahan itu didapat sekitar rumah atau pekarangan. Ternyata setelah diteliti, khasiat bahan-bahan ramuan tersebut memang terbukti bisa meredakan batuk.

Prof Dr Sumali Wiryowidagdo Apt memberikan contoh rimpang jahe (Zingiber officinale roscoe) dan rimpang jahe merah (Z officinale var.rubra), khasiatnya sebagai karminativa, antiinflamasi, analgesik (nyeri karena batuk), antipiretik. Ekstrak biji pala (Myristica fragrans houtt) sebagai penenang (sedativa). Sementara minyak permen (oelum menthae piperitae) berfungsi sebagai stimulansia, karminativa, dan antispasmodik, antiematik. Akar manis (Glycyrrhiza glabra L) sebagai antiinflamasi.

Sampai sekarang bahan-bahan herbal tersebut, masih digunakan sebagai obat batuk disertai beberapa tambahan. Misalnya jeruk nipis ditambahkan kecap atau madu. Penambahan kecap ini juga ditanyakan salah satu wartawan, apakah kecap juga mengandung sesuatu yang menambah manfaat.

Menurut Prof Sumali, penambahan kecap pada ramuan ekstrak jeruk untuk mengobati batuk sebagai penawar asam saja. "Nenek moyang kita selalu mengambil bahan dari rumah. Ketika jeruk nipis terasa asam, adanya kecap ya ditambahkan kecap agar tidak terlalu asam," katanya.

Selain ramuan sederhana seperti perpaduan jeruk nipis dan kecap, banyak orang memadukan beberapa bahan ramuan agar khasiatnya diyakni lebih ampuh.

Banyak orang kini beralih ke obat herbal karena diyakini bebas dari zat kimia dan diolah dengan cara yang tidak menimbulkan efek samping dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Minggu, 04 September 2011

Ekosistem - Document Transcript

BAB I<br />PENDAHULUAN<br />Latar Belakang<br />Islam adalah Agama yang sempurna, karena ia adalah system hidup yang diturunkan oleh Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana, hal ini didasarkan pada firman Allah SWT : “Pada hari ini Aku sempurnakan bagimu agamamu dan Aku cukupkan atasmu nikmat-Ku, dan Aku ridhai Islam sebagai aturan hidupmu.” (QS. 5:3). Oleh karena itu aturan Islam haruslah mencakup semua sisi yang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya. Demikian tinggi, indah dan terperinci aturan Sang Maha Rahman dan Rahim ini, sehingga bukan hanya mencakup aturan bagi sesama manusia saja, melainkan juga terhadap alam dan lingkungan hidupnya.<br />Di era globalisasi sekarang ini dunia dihadapi berbagai masalah, salah satunya adalah pemanasan global yang dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan terhadap lingkungan sekitar kita. Karena pemanasan global, polusi, hutan yang berkurang, pasokan terbatas sumber daya alam, orang menjadi sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Sampah di lingkungan yang mempengaruhi udara, air, tanah, hewan, tumbuhan dan manusia. Apabila kita menggunakan lingkungan sebagai limbah, kita mengambil tanah dari alam liar, polusi lingkungan, dan menguras sumber daya alam. Maka sedikit demi sedikit alam yang ada di sekitar kita akan berubah menjadi tampat yang tak pernah akan kita impikan untuk anak cucu kita nanti.<br />Tujuan.<br />
  • Mengetahui penyebab terjadinya kerusakan ekosistem
  • Mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan ekosistem
  • Dapat mengerti dan memahami pentingnya ekosistem dalam kehidupan
  • Dapat memahami bagaimana upaya-upaya pelestarian ekosistem
BAB II <br />PEMBAHASAN<br />Ekosistem<br />
  • Pengertian Ekosistem
E<br />kosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Ekosistem. Ekosistem adalah suatu komunitas tumbuhan, hewan dan mikroorganisme beserta lingkungan non-hayati yang dinamis dan kompleks, serta saling berinteraksi sebagai suatu unit yang fungsional. Manusia merupakan bagian yang terintegrasi dalam ekosistem. Ekosistem sangat bervariasi dalam hal ukuran – dapat berupa genangan air pada suatu lubang pohon hingga ke samudera luas.<br />(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ekosistem)<br />Ilmu yang mempelajari ekosistem disebut ekologi. Ekologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu oikos dan logos. Oikos artinya rumah atau tempat tinggal, dan logos artinya ilmu. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834-1914).<br />Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru, yang baru muncul pada tahun 70-an. Akan tetapi, ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hidup dan dengan benda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya. <br />
  • Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem